Membuat Form dan Objek Kontrol di Visual Basic

 


FORM

    Form merupakan media interaksi antara pengguna dengan aplikasi yang dibuat. Form dapat dikatakan sebagai wadah atau penampung objek control yang akan digunakan. Form juga dapat dikatakan objek karena dapat memberikan reaksi saat menemui suatu kejadian. Form dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu :

1.    Form Dinamis

Yaitu form yang dapat dimanipulasi atau diubah bentuk serta disispi objek control yang berisi perintah perintah yang diperlukan oleh aplikasi yang akan dibuat, contoh :

·         Window (Windows Form, Console, Class Library, WPF dsb)

·         Web (ASP, Net Web Application, ASP, NET,Web Servis dsb)

·         Smart Device (Smart Device Project)

·         Database (Acces dan SQL Server)

·         Report (Report Application dan Crystal Report)

·         WCF (Windows  Communication Foundation)

2.    Form Statis

Yaitu form yang tidak dapat dimanipulasi atau diubah bentuk serta disisipi objek control. Form ini hanya dapat dipanggil melalui kode perintah, contoh :

1.    Form Pesan (Message Box)

Form yang bertugas untuk menampilkan pesan keterangan terhadap suatu kejadian yang diterima oleh aplikasi

2.    InputBox (Kotak Input Pesan)

Form ini digunakan untuk interaksi antara pengguna dengan aplikasiyang dibuat, dimana pengguna tersebut memasukan suatu nilai lalu mengklik suatu tombol dan menunggu efek yang ditimbulkan oleh aplikasi yang dibuat.

 

OBJEK KONTROL

    Objek / Kontrol merupakan suatu tampilan berbasis grafis yang ditempatkan ke form untukmembuat interaksi dengan pemakai. Keberadaan kontrol di dalam form berubah menjadi objek yaitu elemen perantara pemakai yang dapat diprogram untuk kebutuhan tertentu.Toolbox merupakan tempat penyediaan kontrol-kontrol program yang digunakan untukmendesain aplikasi Windows Form.Berikut ini adalah kategori dari Objek / Kontrol yang ada pada Visual Studio :

1.    Common Control, Berisi kontrol-kontrol untuk mendesain form berbasis windows

2.    Container, Digunakan untuk kontrol-kontrol lain pada form

3.    Menu &Toolbars,Digunakan untuk mendesain menu utama dan submenu serta menu toolbar dan statusbar

4.    Data Berisi kontrol-kontrol untuk pemrograman database, baik untuk koneksi maupun menampilkan data

5.    Component, Berisi kontrol-kontrol pendukung pemrograman pada form window.

6.    Printing, Berisi kontrol-kontrol untuk mencetak data, baik ke printer maupun ke layar.

7.    Dialog, berisi kontrol-kontrol untuk menampilkan berbagai macam kotak dialog

 

LANGKAH LANGKAH MEMBUAT FORM
















0 komentar:

Posting Komentar